Sering Membawa Misi Kesenian

Posted on

Minggu, 06/12/2009 11:00 WIB – dui

Dimulai dari sebuah hobi yaitu menari, istri dari Kanjeng Pangeran (KP) Eddy S Wirabhumi ini mendapatkan kesempatan untuk mengemban misi kesenian Keraton Surakarta.
“Kebetulan saya itu memiliki hobi menari sehingga apa salahnya jika saya mempublikasikannya supaya orang luar mengetahui kesenian tersebut,” tutur Gusti Moeng kepada Joglsoemar.
Dari situlah Gusti Moeng mulai aktif dalam setiap kegiatan kesenian dan budaya. Bahkan Gusti Moeng ini sering melakukan misi kesenian ke berbagai belahan dunia bersama suami, anak serta group gamelan atau kelompok tari.
“Setiap kali pergi saya tidak sendirian, namun saya mengajak suami, anak serta rombongan pelantun seni yang lain,” papar ibu dari Lung Ayu dan Sedah Mirah tersebut.
Motivasi Gusti Moeng untuk aktif di ranah seni karena ingin mengenalkan kesenian serta budaya keraton yang banyak mengandung berjuta nasihat dan petuah.
“Karena syair demi syair dari gending tersebut mengandung makna yang luar biasa,” urai perempuan pecinta nasi tumpang tersebut.
Sehingga sejak tahun 1984 Gusti Moeng mulai membawakan misi kesenian ke berbagai negara. “Kalau dirasa senang ya, senang karena berkeliling dunia tidak mengeluarkan biaya, he.. , bahkan malah mendapatkan uang,” katanya sambil tertawa. (dui)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s