Suyitno Ketua Absindo Solo

Posted on Updated on

Solo (10/3) Cerita tentang banyaknya kegagalan dalam membangun BMT pada beberapa tahun yang lalu seharusnya menjadi sebuah cermin untuk bangkit kembali. Untuk itulah perlu dilakukan upaya melakukan penyelamatan serta melahirkan generasi-generasi baru yang mempunyai kapasitas di bidang pengembangan BMT.

“Saat ini mash banyak orang yang bangga setelah mampu mendirikan MBT and menjadi pengurus. Ada yang menjadi direktur, ada yang menjadi manager namun ada yang masih belum sadar bahwa mereka masih belum memiliki kemampuan, “ ungkap Suyitno ketua ASBINDO Solo. Lebih lanjut ia menyatakan proses pendirian BMT memang mudah, namun bagaimana agar tetap bertahan itu yang sulit.

Kendala tersebut diantaranya adalah tentang permodalan. Berbeda dengan upaya untuk melakukan pembiayaan yang tentu lebih mudah. “Dengan kita pergi kepasar dan melihat para pedagang dan menawarkan pembiayaan tentu banyak yang mau,” tandasnya. Namun sebaliknya bagaimana membuat para pemodal yakin untuk menanamkan modalnya agar dapat di kelola oleh BMT itu cukup sulit.

Untuk mendapatkan modal tersebut diperlukan sebuah kepercayaan yang tinggi dari para pemodal. Diantaranya adalah bagaimana membuat performa BMT menjadi lebih baik. “Untuk mendapatkan kepercayaan bukanlah hal yang instant, kita butuh waktu untuk membuktikan bagaimana kemampuan kita dalam mengelola modal husaha tersbut,“ tambahnya.

Langkah yang terbaik menurutnya adalah perlunya sertifikasi bagi penelola BMT. “Dengan sertifikasi ini akan mampu mengangkat kepercayaan bagi para pemodal untuk dengan senang hati menyerahkan dananya agar di kelola oleh BMT,” imbunya. (Amri Yahya http://www.pkesinteraktif.com)
Suyitno

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s