Membumikan Ekonomi Syariah di Indonesia

Posted on Updated on

Saiful Amri Ketua KEI UNS
Saiful Amri Ketua KEI UNS

Solo (14/1)Meskipun secara formal tidak ada jurusan ekonomi syariah namun semangan untuk mempelajari ekonomi syariah di Universitas Sebelas Maret Surakarta sangat tinggi. Bahkan terbentuk komunitas Kajian Ekonomi Islam (KEI) yang anggotanya mecapai ratusan mahasiswa Ekonomi.

Menurut Syaiful Amri Ketua KEI UNS sebagai mahasiswa yang nantiya akan memasuki realita dunia tentu harus turut serta menjadi bagian dunia tersebut. ”Kami sebagai mahasiswa yang tertarik terhadap ekonomi syariah juga demikian. Kita ingin berperan dalam membumikan ekonomi islam di Fakultas Ekonomi pada khususnya dan UNS pada umumnya,” ungkapnya.

Dengan organisasi KEI ini diharapkan dapat mengajak mahasiswa yang minat terhadap nekonomi syariah untuk turut mewarnai dunia ekonomi syariah di negarai ini. ” Saat ini telah banyak mahasiswa yang tertarik dengan ekonomi syariah tapi belum terakomodir. Disinilah KEI berperan sebagai akomodator,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menyatakan sebagai unit kegiatan mahasiswa KEI juga turut bergabung dibawah FoSSEI (Forum Silaturohmi Study Ekonomi Islam) sebuah organisasi yang mengakomodir organisasi-organisasi yang berada di kampus di seluruh Indonesia salah satunya KEI.

Sebagai salah satu elemen dalam memperjuangkan ekonomi syariah KEI selalu turut serta memberikan masukan bagi generasi baru serta memberikan masukan pada pihak-pihak yang berkaitan dengan perkembangan ekonomi Islam.

Menurut Syaiful Peerkembangan ekonomi Islam di indonesia sangat miris, karena menurutnya ada beberapa kendala yang dihadapi. ”Memang sistemnya bagus namun sampai saat ini tidak diikuti dengan regulasi yang mendukung berjalanya ekonomomi syariah. Meski sudah ada beberapa undang-undang tentang ekonomi syariah namun, kenyataanya dalam implementasi dilapangan sangat lemah,” ungkap Syaiful. Keadaan tersebut menurut Syaiful tercermin dari regulasi-tentang ekonomi syariah untuk pelaksanaan ekonomi syariah sampai saat ini belum jelas bentuknya seperti apa.

Meski demikian menurutnya pelaksanaan ekonomi syariah yang terjadi di Indonesia sebagai sebuh proses meskipun ada kelemahan di sana dan sini namun ia yakin nantinya akan berjalan dengan lebih baik. ”Semua itu butuh proses.artinya dalam menuju suatu titik tidak mungkin kita akan langusung sempurna,” tegasnya.(Amri Yahya http://www.pkesinteraktif.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s